Minggu, 18 November 2012

TIPS MENINGKATKAN PEFORMA JARINGAN WIRELESS




Wireless Router bukan lagi menjadi barang baru dan mungkin sebagian besar pengguna internet sudah mempunyai alat ini di rumahnya untuk berbagi pakai koneksi internet secara nirkabel (wireless).
Kali ini, kami akan mencoba membahas masalah/ kendala yang mungkin sering dihadapi para pengguna wireless router yaitu mengenai kekuatan sinyal yang ada di wireless router.
Bagaimana membuat sinyal Wi-Fi bisa optimal atau menjangkau area yang lebih luas? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Letakkan Wireless Router di tengah ruangan
Posisikan Router, Modem, dan Access point di satu titik terpusat (di tengah ruangan)
Bila mungkin tempatkan Router, Modem (modem DSL atau kabel dengan router built-in nirkabel), atau  Wireless Access Point  (WAP) pada satu titik pusat atau di tengah rumah/gedung anda, karena jika letak access point terhalang oleh dinding, maka tentu akan mengurangi kekuatan sinyal wireless anda. Jika Access point berada pada lantai pertama sedangkan client (PC / Laptop) yang mengakses jaringan wireless berada pada lantai kedua, maka tempatkan access point pada tempat yang tinggi di laintai pertama tersebut. Jika tips pertama ini sulit anda terpakan, jangan khawatir karena masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa jaringan wireless anda.
Berikut gambar penempatannya :
Mengingat sebagian besar wireless router menggunakan antena jenis Omni Directional (menyebar ke seluruh arah), sebaiknya wireless router diletakkan di tengah ruangan sehingga bisa menjangkau setiap sudut ruangan.

2. Perhatikan penempatan wireless router
Jangan letakkan access point di lantai dan jauhkan access point dari benda – benda logam, perhatikan gambar berikut :
Jangan menempatkan wireless router di lantai, berdekatan dengan dinding atau berdekatan dengan benda yang mengandung besi (metal) karena semuanya itu akan mengurangi kekuatan sinyal yang ada. Semakin dekat anda letakkan dengan ketiga hal diatas, akan semakin lemah sinyalnya.

3. Mengganti antena yang ada di Wireless Router
Antena bawaan vendor (pabrik) yang disertakan dengan router atau access ponit didesain untuk menjadi Omnidirectional, yang berarti bahwa sinyal wireless yan ada disiarkan ke segala arah di sekitar access point. Jika access point anda dekat dengan dinding, setengah dari sinyal nirkabel akan dikirim di luar ruangan anda, dan banyak kekuatan access point anda akan sia-sia. Sebagian besar access point tidak mengizinkan anda untuk meningkatkan daya atau output power, tetapi anda bisa memanfaatkan daya power yang ada lebih baik lagi. Jika antena access point anda dapat dilepas, anda dapat meng-upgrade antena bawaan tersebut dengan “antena high gain” yang memfokuskan sinyal wireless hanya pada satu arah. Anda bahkan dapat mengarahkan sinyal ke arah yang paling membutuhkannya.


Seperti yang kami katakan di point no. 1 bahwa sebagai router menggunakan antena jenis Omni Directional yang bersifat menyebar ke seluruh arah. Jika memang anda sering menggunakan di seluruh ruangan atau sudut maka antena jenis ini sangat cocok tetapi jika anda lebih sering menggunakannya di satu tempat yang, mungkin penggantian antena bisa lebih memperkuat sinyal.

Salah satu contoh jenis antena untuk masalah diatas adalah High Gain Antenna dimana sifat penyebarannya hanya ke satu titik sehingga sinyal yang anda dapatkan akan lebih baik tetapi tidak kami sarankan bisa anda sering berpindah tempat.

4. Ganti Wireless network adapter dengan yang lebih baik
Ubah dan sesuaikanlah channel wireless anda
Wireless router / access point dapat membroadcast dengan channel yang berbeda-beda, mirip dengan cara stasiun radio menggunakan saluran yang berbeda. Sebelumnya analisa terlebih dahulu chanel – chanel yang telah terpakai di sekitar tempat anda, lalu ubahlah channel wireless anda melalui halaman konfigurasi router / access point anda untuk meningkatkan performa wireless router anda. Anda tidak perlu mengubah konfigurasi komputer anda, karena komputer anda secara otomatis dapat mendeteksi channel baru. Untuk analisa channel lebih lengkap anda bisa merujuk kesini.

Bila anda menggunakan komputer (bukan notebook), tentu anda memasang Wireless Network Adapter di dalamnya. Pastikan bahwa Network Adapter yang anda gunakan cukup baik dan bisa juga mengganti antena yang ada dengan kualitas yang lebih baik seperti High Gain Antenna diatas.


5. Tambahkan Wireless Repeater bila perlu
Wireless repeater memperluas jangkauan jaringan wireless anda tanpa anda harus menggunakan kabel. Anda hanya perlu menempatkan wireless adapter di pertengahan antara wireless router, modem router, atau access point anda dan komputer Anda, dengan begitu anda dapat memperkuat serta memperluas sinyal nirkabel Anda.

Walaupun antena telah diganti dengan yang lebih baik bukan berarti anda bisa menjangkau lokasi yang lebih jauh. Untuk itu kadang kita memerlukan alat tambahan yang bernama Wireless Repeater.

Wireless Repeater berguna untuk memperkuat dan memperpanjang sinyal WiFi yang ada sehingga jangkauannya menjadi lebih luas, misal dengan antena biasa, jangkauan sinyal hanya mencapai 100 m tetapi dengan ini, jangkauan sinyal bisa 2x lebih panjang yaitu 200m atau lebih.
Tetapi memang untuk penambahan alat seperti ini, kita harus mengeluarkan uang cukup banyak.

6. Mengganti Wireless Channel yang ada dan Kurangi wireless interference
Teknologi nirkabel yang paling umum saat ini masih menggunakan 802.11g (meskipun sudah bermuncuan device yang menggunakan standar 802.11n, namun masih jarang yang murni memanfaatkan standar 802.11n, kebanyakan masih menggunakan mode b/g/n mixed, lebih detail tentang standar IEEE 802.11disini) beroperasi pada frekuensi 2,4 gigahertz (GHz). Banyak telepon tanpa kabel, oven microwave, monitor bayi, pembuka pintu garasi, dan perangkat wireless elektronik lainnya juga menggunakan frekuensi ini. Jika Anda menggunakan perangkat wireless di rumah anda, komputer anda mungkin tidak dapat "menangkap" sinyal router anda yang terhalang oleh noise yang datang dari perangkat-perangkat tadi.


Sinyal WiFi bisa berjalan di beberapa channel sekaligus, jika anda merasa sinyal yang ada kurang bagus dan menemukan banyak channel di dalamnya, anda sebaiknya mengubah ke channel yang lebih sedikit.
Dan tidak perlu kuatir dengan penggantian channel ini karena komputer/ notebook akan menditeksi dan menyesuaikan secara otomatis apabila ada pergantian channel.

7. Jauhkan Wireless Router dari perangkat elektronik tertentu
Sinyal Wifi bekerja di frekuensi 2,4 GHz, untuk itu sebaiknya anda jauhkan wireless router anda dari perangkat elektronik yang menggunakan frekuensi yang sama.

Misalnya telpon cordeless (tanpa kabel) yang biasanya juga menggunakan frekuensi yang sama yaitu 2,4 GHZ. Apabila ini terjadi, mau tidak mau anda harus menggantinya dengan telpon cordless yang menggunakan frekuensi yang berbeda seperti 900 MHz atau mengganti telpon cordless menjadi telpon biasa, ini solusi lebih murah. :D

8. Selalu melakukan update firmware untuk Wireless Router anda
Update firmware atau driver adapter network / wireless router Anda
Biasanya setiap produsen yang cukup terkenal seperti D-Link, Linksys dan lainnya selalu mengeluarkan firmware terbaru untuk router anda supaya kinerja router menjadi lebih baik. Lakukanlah upgrade firmware tersebut yang biasanya disediakan di web mereka.
Produsen router secara berkala melakukan perbaikan terhadap perangkat router atau access point mereka. Biasanya, perbaikan ini untuk meningkatkan kinerja perangkat tersebut. Untuk mendapatkan update firmware terbaru untuk router anda, kunjungi situs web produsen router / access point anda. Demikian pula pada sisi client, vendor adapter jaringan juga  memperbarui perangkat lunak Windows yang digunakan untuk berkomunikasi dengan network adapter, yang dikenal sebagai driver. Pembaruan ini biasanya meningkatkan kinerja dan kehandalan. Untuk mendapatkan driver update, ikuti petunjuk di bawah ini untuk tiap - tiap sistem operasi windows anda :
* Windows 7
* Windows Vista
* Windows XP 
Silahkan kunjungi Microsoft Update, klik Custom, dan kemudian tunggu hingga Windows XP mencari update terbaru untuk driver komputer Anda. Kemudian instal setiap update yang berkaitan dengan wireless adaptor.

9. Gunakan merek yang sama untuk jaringan nirkabel anda
Walaupun secara garis besar, penggunaan merek yang berbeda untuk perangkat jaringan (router, adapter) tidak mengalami masalah tetapi biasanya sinyal akan menjadi lebih baik bila kita menggunakan satu merek.
Misalnya Router anda merek Linksys, sebaiknya Wireless Adapter yang digunakan di komputer juga menggunakan merek yang sama.
Karena meskipun Linksys router dapat bekerja dengan baik dengan adapter jaringan D-Link, namun anda akan mendapatkan kinerja yang lebih baik lagi jika anda menggunakan router dan network adapter dari vendor yang sama. Beberapa vendor menawarkan peningkatan kinerja hingga dua kali kinerja ketika memilih perangkat keras mereka. Sebagai contoh,  Linksys memiliki teknologi SpeedBooster untuk perangkat wireless-G nya, dan D-Link memiliki tambahan 108G untuk perangkat wireless-G nya. 
Jika kecepatan koneksi adalah prioritas untuk Anda, pertimbangkan untuk meng-upgrade teknologi wireless anda, sebagaimana tips berikutnya ini.

10. Melakukan upgrade jenis WiFi dari 802.11b ke 802.11g
Kami yakin sebagian pemilik jaringan sudah menggunakan format Wifi jenis G tetapi jika anda masih menggunakan jenis 802.11b maka sebaiknya anda menggantinya atau setidaknya membuat semua jaringan menggunakan format WiFi yang sama.
Memang sudah ada 802.11n yang menjanjikan kecepatan transfer yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih jauh, tetapi perlu dicatat bahwa format N ini masih belum disertifikasi.
Kendati wireless-G (802.11g) saat ini menjadi standar yang paling umum digunakan pada jaringan wireless, wireless-N (802.11n) setidaknya dua kali lebih cepat dan memiliki jangkauan yang lebih baik dan stabil. Wireless-N adalah adalah standar wireless yang kompatibel dengan 802.11a, 802.11b, dan 802.11g, sehingga anda masih dapat menggunakan peralatan nirkabel yang anda memiliki-meskipun anda tidak akan melihat banyak peningkatan dalam kinerja sampai Anda meng-upgrade wireless adapter pada komputer anda.
Jika anda menggunakan wireless-B atau wireless-G dan Anda tidak puas dengan kecepatan dan kinerja jaringan anda, anda bisa mertimbangkan untuk mengganti router dan adapter jaringan dengan perangkat yang menggunakan standar wireless-N. Jika Anda membeli peralatan baru, sangat direkomendasikan untuk memilih perangkat dengan stndar wireless-N.
Berikut adalah cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui teknologi wireless adapter yang terpasang pada perangkat anda :
* Windows 7
- Klik Start, kemudian klik Device dan Printers. 
- Klik kanan pada ikon dari komputer Anda, kemudian klik Properties.
- Klik tab Hardware. Scroll sampai Anda melihat kartu nirkabel atau adaptor. Di bawahnya, anda akan melihat 802.11n, 802.11g atau 802.11b.
* Windows Vista
- Klik Start, klik Network and Internet, kemudian klik Network and Sharing Center.
- Di sebelah kiri, di bawah Tasks, klik Manage Network Connections.
- Klik dua kali Wireless Network Connection, kemudian klik Details. Di bawah deskripsi, Anda akan melihat 802.11n, 802.11g atau 802.11b.
* Windows XP
Di lapangan jaringan Wireless tidak pernah mencapai batas bandwidth teoritis. Dalam kenyatannya jaringan Wireless-B biasanya 2-5Mbps. jaringan Wireless-G kisaran 13-23 Mbps. Sedangkan peralatan Wireless-N adalah sekitar 50 Mbps.

Saran : Tingkatkan kemanan jaringan wireless anda.
Keamanan jaringan juga merupaka langkah untuk mengoptimalkan performa wireless, karena tanpa security yang bagus pada jaringan wireless, sebaik apapun manajemen jaringan, jika keamanannya di hack atau dibobol, maka semuanya tidak akan berarti. Tips pertama untuk kemanan wireless, gantilah username dan pasword default dari vendor, kemudian untuk keamanan autentikasi gunakanlah WPA, karena WEP saat ini sudah sangat rawan untuk dibobol.


Created by,
Ratri Ratna Dewi
ratriratna@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar